Foto Banyumas Tempo Dulu




Iseng-iseng buka foto albumnya Mas AR Hasan on Facebook, eh ada koleksi foto Banyumas Tempoe Doeloe. Izin Upload ya mas….

Stasiun Cilacap Tahun 1908

Mesin Penggiling Tebu Pabrik Gula Klampok Tahun 1920

Bioskop Nusantara Tahun 1920

Bioskop Presiden Teatre 1980

Bioskop Srimaya Tahun 1980

Depo Lokomotif Pabrik Gula Klampok Tahun 1920



Responses

3 Respones to "Foto Banyumas Tempo Dulu"

Unknown said...

Foto Bioskop Nusantara/Srimaya dan Presiden, saya kira itu disekitar dekade akhir 80an. Karena seingat saya, hingga 85-86an, ketiga bioskop tersebut masih eksis, terutama nusantara yang paling akhir tutup, sedang srimaya kalau tidak salah yang pertama tutup, disusul dengan presiden, terakhir nusantara.
Sedang bioskop lainnya rajawali dan garuda.
Kalau dilihat dari sejarahnya, sejak kecil di tahun 60an akhir, yang ada itu srimaya, garuda dan nusantara. Sedang Presiden dan Rajawali, tumbuh ditahun 80an awal.


March 20, 2012 at 4:27 PM
Unknown said...

Foto Bioskop Nusantara, saya kira itu di era 80an awal atau 70an akhir, bukan tahun 20an, karena motor dan mobil yang tampak difoto menunjukan era saat itu. Dan saya kira tahun 20an, di Purwokerto belum ada Bioskop tersebut. Saya kira Bioskop baru bermunculan di era 60an.
Karena seingat saya, di era 60an akhir, baru ada bioskop Srimaya, Nusantara dan Garuda. Sedang Presiden dan Rajawali muncul di awal 80an, bersamaan dengan mulainya trend bioskop kembar (twins theater). Bersamaan dengan mulainya monopoli film oleh kelompok 21, maka bioskop era lama berguguran karena tidak mendapatkan film-film baru dan era video kaset (Betamax & VHS) saat itu juga mulai banyak.
Seingat saya, yang pertama tutup adalah Srimaya, disusul garuda, rajawali, presiden dan garuda. Kalau tidak salah hingga kini setelah semua bioskop tradisional tutup, purwokerto tidak memiliki bioskop lagi (saya sudah lama tidak berkunjung ke pwt, mohon koreksi kalau salah).


March 20, 2012 at 4:39 PM
Sukman Ibrahim said...

wah, suwun gan komennya...saya juga sebenarnya sedang mencari-cari sumber sejarah yang otentik...foto-foto di atas saya ambil dari temen saya...sebagai warga Banyumas, sudah selayaknya mengetahui jatidiri kita melalui sejarah...suwun...


March 25, 2012 at 12:42 AM

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors